See all Pages Sustainability

Sustainability

Pendekatan Komprehensif untuk Pengelolaan Lahan Berkelanjutan

DSN Group melakukan program Pemantauan Lanskap dalam memainkan peran penting untuk memastikan kepatuhan rantai pasokan terhadap kebijakan Nol Deforestasi, Nol Gambut, dan Nol Eksploitasi (NDPE) serta bagian dari komitmen kami terhadap &Green dan ADB. Kami mengambil pendekatan proaktif dan komprehensif untuk melindungi hutan, melestarikan keanekaragaman hayati, serta memastikan kesehatan dan vitalitas jangka panjang dari ekosistem penting ini.

Kami menggunakan teknik dan teknologi mutakhir untuk memantau lanskap hutan secara efektif di dalam dan di luar area konsesi kami. Beberapa teknik ini meliputi:

  • Penginderaan Jauh: Kami memanfaatkan citra satelit dan foto udara untuk memantau perubahan penggunaan lahan, mendeteksi deforestasi, dan menilai kesehatan hutan. Kami berinvestasi menggunakan Global Forest Watch Pro dan Satelligence untuk menerima peringatan deforestasi.
  • Sistem Informasi Geografis ( GIS ): Pakar GIS kami menganalisis data spasial untuk mengidentifikasi nilai konservasi tinggi dan area cadangan karbon tinggi, memungkinkan pengambilan keputusan berdasarkan informasi dalam perencanaan penggunaan lahan dan upaya konservasi.
  • Survei Lapangan: Tim kami melakukan survei lapangan bulanan untuk mengumpulkan data tentang kondisi flora, fauna, dan habitat. Kami juga menggunakan aplikasi SMART Patol sebagai alat terpadu untuk memantau konsesi dan kawasan konservasi kami, memungkinkan kami untuk mengumpulkan data tentang tutupan hutan, perjumpaan dengan satwa liar, dan aktivitas manusia. Data ini membantu kami mendeteksi dan memitigasi risiko lingkungan dengan segera dan menjadi informaasi bagi evaluasi upaya konservasi kami.
  • Pelibatan Masyarakat: Kami secara aktif melibatkan masyarakat lokal dalam upaya pemantauan, mendorong kolaborasi dan berbagi pengetahuan tentang pengelolaan hutan berkelanjutan.

DSNG melakukan monitoring deforestasi dalam lansekap yang berhubungan dengan operasi Perkebunan. Area yang masuk dalam lingkup monitoring (Area of Interest/AoI) adalah areal kebun inti, kebun plasma, kebun petani swadaya pemasok DSNG, dan areal konservasi diluar konsesi yang dikelola bersama Masyarakat.

Berikut Daftar Laporan Keluhan Deforestasi dari Pihak Buyer (2020-2023)

DSNG memberikan perhatian yang serius serta memastikan tindak lanjut terhadap Grievance yang diberikan ke Perusahaan. Berikut adalah daftar Deforestasi di Dalam dan Luar Konsesi DSNG dari Pihak Buyer :

Berikut rincian tabel dan grafik selama periode 2020-2023 dalam dan luar konsesi :

Satelligence

Pemantauan dilakukan dengan menggunakan peringatan deforestasi dari platform Satelligence, yang diolah secara spasial agar dapat dilakukan verifikasi lapangan bila diperlukan. DSNG berkolaborasi dengan Satelligence untuk memantau pemantauan risiko deforestasi secara real-time di seluruh area konsesi perusahaan dan basis pasokannya. Klik disini informasinya

Selama 2023, Satelligence telah melakukan pemantauan di seluruh wilayah DSNG dalam dan luar konsesi, secara hasil sebagai berikut :

Secara Hasil verifikasi lapangan, menunjukkan beberapa pembukaan lahan disebabkan oleh beberapa hal, sebagai berikut :

Berikut tampilan kolaborasi Satelligence dengan DSNG di wilayah areal operasional DSNG di Kalimantan dan contoh areal Lanskap batas yang mencakup areal supplier kita di Anak perusahaan DSNG, bisa diakses disini.