Berkontribusi Positif Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Dengan Bekerja Dan Belajar, Why Not?

KEPUTUSAN AWAL YANG TIDAK MUDAH

Sebagai anak muda Gen Z, saya dapat membuktikan bahwa anak muda saat ini mampu berprestasi sekaligus menjawab tantangan lingkungan dan keberlanjutan. Meskipun disebut sebagai ‘Strawberry Generation’, saya percaya bahwa nothing is impossible selama kita masih mau berusaha dan memiliki tujuan yang jelas.

Sejak kecil, saya tumbuh dalam keluarga berdarah Minang dengan latar belakang orang tua sebagai wiraswasta. Saya selalu percaya bahwa kehidupan adalah harmoni yang selaras dengan alam, dan hal ini membuat saya memiliki ketertarikan yang lebih terhadap isu-isu lingkungan. Bagi saya, kelestarian alam merupakan hal yang sangat penting untuk menjamin kualitas hidup manusia yang lebih baik.

Setelah lulus SMA, saya memutuskan menempuh pendidikan tinggi di President University, Cikarang, Bekasi dengan mengambil jurusan Teknik Lingkungan. Tahun pertama di perguruan tinggi, saya sering mendapatkan informasi terkait stigma negatif dan mitos-mitos tentang industri kelapa sawit, terutama melalui diskusi-diskusi akademis. Apalagi sebagai seorang perempuan, pemahaman awal saya seringkali merasa industri kelapa sawit lebih condong ke laki-laki dan sulit bagi perempuan untuk berkarir.

Rasa penasaran saya pun malah semakin bertambah. Pada tahun kedua di perguruan tinggi, saya memutuskan untuk bergabung dengan salah satu organisasi sebagai relawan untuk belajar dan berkontribusi langsung terkait dengan lingkungan. Pengalaman ini tidak membuat saya skeptis dengan korporasi, malah sebaliknya, saya memiliki dorongan untuk berkontribusi dari dalam sebagai perwakilan korporasi. 

Setelah lulus kuliah, saya mendapatkan informasi bahwa PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) membuka kesempatan untuk program ‘Excellent Future Leader DSNG’ atau EIFFEL. Di kepala saya waktu itu adalah ini sebuah kesempatan yang bagus untuk memberikan masukan-masukan perbaikan lingkungan jika saya diterima nanti. Saya pun mengikuti serangkaian proses seleksi, salah satunya menulis essay terkait dengan Perusahaan. 

Menariknya, saat mencari informasi tentang Perusahaan untuk keperluan essay, saya semakin tertarik dengan inisiatif keberlanjutan yang dilakukan oleh Perusahaan. Saya pun yakin bahwa saya tidak hanya akan bekerja di perusahaan ini, tetapi juga belajar, berkembang, dan berkontribusi positif terhadap kelestarian lingkungan.

BANYAK STIGMA INDUSTRI KELAPA SAWIT YANG SALAH

Ketika bergabung dengan DSNG, saya baru menyadari bahwa stigma negatif tentang industri kelapa sawit sangatlah tidak tepat. Saya menemukan banyak fakta bahwa industri ini, khususnya DSNG sangat memperhatikan aspek keberlanjutan termasuk penghormatan terhadap hak-hak perempuan dan kesetaraan gender. 

Selama program Eiffel berlangsung, kami didorong untuk tidak hanya belajar dari sisi teknis, tetapi juga managerial, mengembangkan leadership skill, serta berorganisasi dan berkoordinasi dengan orang lain. Semangat berinovasi pun tumbuh dengan sendirinya, dan tidak ada alasan lagi bahwa industri kelapa sawit hanya menyediakan ruang berkarir untuk laki-laki.

Selain itu, saya belajar bagaimana cara menghargai dan berempati kepada semua pihak yang terlibat dalam industri sawit. Dengan kemampuan ini, saya dapat berkomunikasi dengan lebih baik dan menemukan solusi terbaik untuk setiap masalah yang dihadapi. Saya juga belajar untuk bereksplorasi dan memberikan yang terbaik dalam pekerjaan saya, bahkan jika hasil yang kami dapatkan di bawah harapan. Yang terpenting, saya diberikan kesempatan untuk belajar dan mencoba lagi untuk memperbaikinya.

Salah satu hal yang paling berkesan selama bekerja di DSNG adalah ketika saya mendapat apresiasi sebagai EIFFEL trainee terbaik. Saya diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan di Singapura dan mendapatkan manfaat yang baik. Saya juga belajar bahwa konsistensi adalah hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan. Sebuah kalimat dari Presiden Direktur Perusahaan, Bapak Andrianto Oetomo, yang selalu saya ingat adalah “Nikmati segala prosesnya“.

TECHNOLOGY AND SUSTAINABILITY ARE COOL

Saya juga menemukan fakta unik bahwa DSNG sangat memperhatikan keberlanjutan perusahaan dan diawasi secara ketat baik oleh pihak internal maupun eksternal. Tujuannya adalah agar operasional perusahaan tidak menyebabkan kerugian sosial maupun lingkungan.

Inovasi-inovasi dalam implementasi keberlanjutan juga sangat kekinian dan membuat saya merasa sangat tertarik untuk mengenal industri ini lebih jauh, misalnya penggunaan drone untuk proses pemupukan di area pembibitan atau untuk mengidentifikasi area kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, pemanfaatan satelit juga sangat berguna untuk mengawasi perubahan rona warna pada area perkebunan. Dalam hal ini, koordinasi dengan masyarakat juga sangat penting untuk melindungi lingkungan. DSNG melakukan berbagai inovasi, seperti pemetaan partisipatif bersama masyarakat desa, untuk melindungi hutan dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Sebagai seorang lulusan teknik lingkungan, saya sangat mengapresiasi komitmen perusahaan dalam menjalankan operasinya dengan tanggung jawab yang tinggi. DSNG, perusahaan kelapa sawit, telah memperoleh berbagai penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri atas inisiatif operasional yang bertanggung jawab. Bahkan baru-baru ini, perusahaan ini berhasil memperoleh bantuan pendanaan dari &Green dengan bunga rendah untuk mendukung inisiatif keberlanjutan yang telah diterapkan.

PELUANG KARIR UNTUK ANAK MUDA

Di masa depan, industri kelapa sawit akan semakin membutuhkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan presisi, efektivitas, dan efisiensi. Mulai dari mekanisasi di praktek agronomi, praktik keberlanjutan, hingga penelitian dan pengembangan (litbang) untuk menghasilkan benih kelapa sawit yang produktif dan tahan penyakit. Oleh karena itu, industri kelapa sawit akan membutuhkan banyak anak muda yang berpotensi untuk mengambil peran tersebut.

Kepada seluruh anak muda di luar sana, jika kalian mencari lingkungan untuk mengeksplorasi potensi terbaik kalian, meningkatkan keterampilan kepemimpinan, mendapatkan pengetahuan dari para ahli, serta berkontribusi positif pada keberlanjutan lingkungan di Indonesia, dan industri kelapa sawit, khususnya DSNG, layak untuk dijadikan pilihan karir.

Jangan ragu untuk mempertimbangkan industri kelapa sawit sebagai pilihan karir kalian. Ini adalah peluang untuk menjadi bagian dari upaya menjaga keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi dan teknologi. Bersama-sama kita bisa mencapai kesuksesan dan membangun masa depan yang lebih baik. Semangat!