See all Pages Sustainability

Sustainability

Ketertelusuran Pemasok TBS

Saat ini kami mengoperasikan 10 pabrik kelapa sawit yang memproses tandan buah segar (TBS) dari perkebunan kami sendiri dan juga dari pemasok pihak ketiga (eksternal) di Kalimantan, Indonesia. Terdapat 4 pabrik yang mengambil TBS secara eksklusif dari perkebunan kami sendiri dan skema plasma. Enam pabrik lainnya mendapatkan sebagian TBS dari pemasok pihak ketiga dan petani.

Lebih dari 5.000 petani memasok TBS ke pabrik-pabrik kelapa sawit kami, dan mereka secara teratur dipantau untuk memastikan kepatuhan mereka terhadap Kebijakan Keberlanjutan kami dalam praktiknya.

Tabel Penelusuran TBS ke Perkebunan DSN Group dapat dilihat di bawah ini.

Pada tahun 2023, 99,41% atau 2.849.296 ton volume pasokan TBS dari total pemasok langsung kami telah memenuhi kebijakan NDPE dan kebijakan pembelian dan pengadaan kami (pemasok langsung yang kami definisikan sebagai perkebunan milik Perusahaan, petani plasma dan perusahaan perkebunan kelapa sawit independen eksternal). Sementara 0,59% volume pemasok langsung masih dalam proses untuk mencapai kepatuhan.

Pada saat yang sama, 16,50% atau 472.830 ton volume pasokan TBS Kemitraan dari total pemasok tidak langsung kami telah memenuhi kebijakan NDPE dan kebijakan pembelian dan pengadaan kami (yang kami definisikan sebagai petani kecil melalui agen atau koperasi (Saprodi atau ECOOP). Selain itu, 20,33% dari volume pemasok lain dan 1,58% tidak dikendalikan juga sudah mencapai proses untuk mencapai kepatuhan.

Kepatuhan di atas diukur melalui proses penelusuran dan kepatuhan kami, yang meliputi antara lain penandatanganan deklarasi Kode Etik, evaluasi kepatuhan penilaian mandiri, evaluasi pemetaan poligon, identifikasi tindakan perbaikan, penjadwalan dan verifikasi, pelaporan hasil uji kepatuhan, audit rutin terhadap status kepatuhan pemasok, dan juga pengaduan dari para pemangku kepentingan.

Berikut secara rincian komposisi TBS Terima dan olah berdasarkan rantai pasok masing-masing PKS selama tahun 2023 :

DSNG juga melakukan penelusuran produksi kernel yang kita peroleh dari hasil olah TBS di beberapa PKS wilayah Muara Wahau, Kongbeng, Karangan, dan Bengalon, Provinsi Kalimantan Timur, rinciannya sebagai berikut :