See all Pages Sustainability

Sustainability

Efisiensi Penggunaan Air

Komitmen terhadap Penggunaan Air yang Bertanggung Jawab dan Pelestarian Sumber Air Bersama

Kami menyadari pentingnya penggunaan air yang bertanggung jawab dan konservasi. Komitmen kami terhadap pengelolaan air yang berkelanjutan telah menghasilkan penurunan total penggunaan air dari tahun 2021 hingga 2023. Kami telah mencapai hal ini dengan menerapkan langkah-langkah sanitasi pabrik yang hemat air, menggunakan kembali dan mendaur ulang air dari pemrosesan pabrik, dan meningkatkan kesadaran tentang konservasi air dalam penggunaan air rumah tangga. Upaya kami bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi penggunaan air dan melestarikan sumber air bersama untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

DSN Group berfokus pada beberapa inisiatif untuk memaksimalkan efisiensi penggunaan air dan memastikan pelestarian sumber air bersama:

  • Mengoptimalkan Sumber Air: Kami mengoptimalkan penggunaan air hujan, air permukaan, dan memaksimalkan pemanfaatan limbah dari pabrik kami.
  • Efisiensi Air Pabrik: Pemeliharaan mesin secara teratur dan penerapan langkah-langkah penghematan air berkontribusi pada peningkatan efisiensi air dalam operasi kami.
  • Perlindungan dan Pemantauan Sungai: Instruksi Kerja No. IK-AGR-SHE-06-R01 memastikan perlindungan sungai, anak sungai, dan sempadan sungai dengan menetapkan batas-batas, melarang penggunaan bahan kimia di sempadan sungai, memantau kualitas air, dan memasang rambu-rambu untuk mencegah keracunan ikan.
  • Konservasi Air di Perkebunan Kelapa Sawit: Kegiatan konservasi kami meliputi menjaga naungan dan kanopi pohon kelapa sawit, melestarikan sistem perakaran, serta memanfaatkan tandan kosong dan Nephrolepis sebagai penutup tanah untuk mempertahankan kelembaban tanah.

Sebagai upaya dalam menjaga sumber air bersama, Perseroan menerapkan praktik-praktik terbaik untuk melakukan konservasi air di perkebunan kelapa sawit. Beberapa upaya konservasi yang dilakukan Perseroan :

  • Menjaga naungan dan kanopi tanaman kelapa sawit. Struktur pelepah daun pohon kelapa sawit yang berlapis mampu melindungi tanah dengan baik dari jatuhan air hujan langsung, sehingga tanah dapat menyerap air lebih banyak dan mengurangi aliran air permukaan.
  • Menjaga sistem perakaran tanaman kelapa sawit. Perakaran tanaman kelapa sawit mampu membentuk biopori alamiah, terutama di dekat pangkal batang sehingga meningkatkan kemampuan daya serap air hujan ke dalam tanah, dan mengurangi aliran air permukaan.
  • Memanfaatkan janjang kosong dan penanaman Nephrolepis. Janjang kosong dan Nephrolepis dimanfaatkan sebagai penutup tanah untuk mempertahankan kelembaban tanah.

Seluruh lokasi operasional Perseroan tidak berada di wilayah yang memiliki kelangkaan air. Selama 2023, Perseroan tidak menerima keluhan atau denda atau sanksi lainnya dari pihak berwenang terkait penggunaan air sungai, anak sungai, badan perairan, atau area sempadan sungai. Informasi terkait sungai, anak sungai, jalur air atau area riparian di sekitar wilayah operasional.

INTENSITAS AIR PROSES

Perseroan memaksimalkan efisiensi pemakaian air melalui beberapa upaya, seperti mengoptimalkan penggunaan air hujan, air permukaan, serta memaksimalkan pemanfaatan efluen dari PKS. Air merupakan sumber daya yang penting, karena setiap individu bergantung pada air. Oleh karena itu, Perseroan berkomitmen untuk menjaga pasokan air yang terbatas sebaik mungkin. Untuk memastikan penggunaan air di PKS,

Perseroan secara rutin memantau penggunaan air melalui Intensitas Air (WI)/ ton TBS olah. DSNG menargetkan semua operasi kelapa sawit dapat mengurangi atau mempertahankan konsumsi intensitas penggunaan air hingga 1,2 m³/ton TBS yang diproses pada tahun 2025. Intensitas penggunaan air selama 2023 sebesar 1,30 m3/ton, turun sebesar 0,09 m3 /ton TBS olah dibanding intensitas penggunaan air di 2022.