4 Koperasi Perkebunan Dapat Bantuan Kredit dari DSN Group

MUARA WAHAU, 14 DESEMBER 2017 – PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSN Group), melalui anak perusahaannya, PT  Dewata Sawit Nusantara dan PT  Dharma Agrotama Nusantara,  terus meningkatkan pembinaan dan pendampingan pada Koperasi Perkebunan dalam hal pembangunan kebun kemitraan di Wilayah Kecamatan Muara Wahau dan Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

Hal ini diwujudkan dengan memberikan dukungan modal berupa kredit investasi kepada 4 (empat) mitra Koperasi Serba Usaha (KSU) yang ada di sekitar area perkebunan senilai Rp 64,5 miliar yang melibatkan sekitar 464 kepala keluarga (KK) petani kemitraan untuk 1.201 ha dengan perincian, KSU  Seleq Sejahtera seluas 162 Ha untuk 92 kepala keluarga (KK), KSU Longsep Hidup Baru seluas 64 Ha untuk 32 KK, KSU Usaha Baru seluas 408 Ha untuk 95 KK, dan KSU Sawitan Surya seluas 567 Ha untuk 245 KK.

Penandatanganan akad kredit tersebut berlangsung di Gedung Serba Guna  Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, pada tanggal 14 Desember 2017, yakni antara PT Dewata Sawit Nusantara dengan Koperasi Serba Usaha (KSU) Seleq Sejahtera Bersama desa Miau Baru dan KSU Longsep Hidup Baru dusun Long Sep, dan  PT Darma Agrotama Nusantara dengan KSU Usaha Baru desa Nehas Liah Bing dan KSU Sawitan Surya desa Jak Luay.

Acara penandatanganan tersebut dilakukan oleh Senior Operation Head, Bapak Parlindungan Hasugian, yang mewakili PT Dewata Sawit dengan Bapak Lawai Tingai selaku Ketua KSU Seleq Sejahtera Bersama dan Bapak Awun Usat Selaku ketua KSU Longsep Hidup Baru. Selain itu, Bapak Parlindungan Hasugian yang juga mewakili PT Dharma Agrotama melakukan penandatanganan akad kredit dengan Ibu Maria Mahdalena Tuk Selaku ketua KSU Usaha Baru dan Bapak Hironimus Mat Eng selaku ketua KSU  Sawitan Surya yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kecamatan Muara Wahau.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Bupati Kabupaten Kutai Timur Bapak H. Ismunandar, MT dan  disaksikan oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Kutai Timur, Muspika Kec. Muara Wahau dan Muspika Kec. Kongbeng, Pemdes Muara Wahau, Pemdes Nehas Liah Bing, Pemdes Deabeq, Pemdes Diak Lay, Pemdes Bea Nehas, Pemdes Jak Luay, serta Pemdes Miau Baru. Kegiatan ini juga dihadiri oleh semua perwakilan Pengurus Koperasi perkebunan yang bermitra dengan DSN Group site Muara Wahau, serta tokoh-tokoh masyarakat.

Sampai dengan saat ini DSN Group sudah melakukan akad kredit dengan 14 Koperasi  dengan jumlah 3.412 KK dengan total luas lahan sebanyak 7.395 hektar dan jika dikonversi dengan rupiah total investasi sebesar Rp 354 milyar. Investasi tersebut menggunakan dana non revitalisasi dengan mengikuti ketentuan sekema revitalisasi.

Secara keseluruhan sampai saat ini DSN Group sudah membangun kebun kemitraan dengan koperasi mitra di desa-desa sekitar perusahaan seluas 13.858 hektar atau sekitar 28% dari luas kebun inti. Kebun kemitraan tersebut dikelola oleh 22 Koperasi mitra di 10 desa di kecamatan Muara Wahau dan Kongbeng. Jumlah petani yang ikut dalam kelompok tani dan koperasi ini adalah 6.158 KK.

Selain pembangunan kebun kemitraan ini, DSN Group juga menjalin kerjasama kemitraan dengan masyarakat sekitar dalam bentuk lain seperti penyediaan moda transportasi baik TBS maupun CPO dan unit ringan, pembangunan sarana prasarana, pembelian TBS masyarakat, dan sebagainya. Dari total luasan kebun kemitraan tersebut, 3.500 hektar sudah terlegalisasi dalam Sertifikat Hak Milik (SHM) oleh BPN. 

TENTANG DSN GROUP

PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSN Group) didirikan pada 29 September 1980. DSN Group bergerak di bidang industri kelapa sawit dan produk kayu. Saat ini, Perseroan memiliki lahan perkebunan kelapa sawit yang sebagian besar berada di Kalimantan Timur. Sedangkan di industri kayu, Perseroan memiliki pabrik pengolahan kayu di Jawa Timur dan Jawa Tengah, yang memproduksi panel kayu, engineered door dan engineered flooring.

KETERANGAN LEBIH LANJUT

Paulina Suryanti
Corporate Secretary
PT Dharma Satya Nusantara Tbk
Jl. Rawa Gelam V Kav. OR/3B
Kawasan Industri Pulogadung
Jakarta 13930, Indonesia
Email: corporate.communications@dsngroup.co.id