See all Pages Sustainability

Sustainability

Investasi terkait Keberlanjutan

DSN Group berkomitmen pada prinsip-prinsip investasi yang bertanggung jawab. Kami akan terus berinvestasi untuk mengurangi atau memitigasi dampak kami terhadap lingkungan dan membawa dampak positif bagi komunitas tempat kami beroperasi. Kami ingin melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit dan dalam perjalanan ini kami akan berusaha untuk melaporkan kepada pemangku kepentingan kami kemajuan kami, terutama dengan upaya kami untuk meningkatkan penggunaan energi dan sumber daya terbarukan.

Energi terbarukan

Di Unit Bisnis Kelapa Sawit, kami memanfaatkan limbah cair pabrik kelapa sawit (POME), limbah biomassa cangkang, dan serat inti sawit untuk menghasilkan berbagai sumber energi terbarukan. Sementara itu, di Unit Bisnis Produk Kayu, kami menggunakan tenaga surya untuk mendiversifikasi sumber energi listrik untuk operasional.

Kami berhasil memulai pengoperasian Pabrik Bio-CNG pertama kami di tahun 2021. Kemudian di tahun 2022, kami mulai membangun Penangkap Metana dan pabrik Bio-CNG Kedua di perkebunan kelapa sawit kami di Muara Wahau. Pada Tahun 2023, pabrik ini memanfaatkan emisi dari metana yang secara total ditangkap dari 112.929 L POME untuk menghasilkan Biomethane Compressed Natural Gas (Bio-CNG), yang dapat digunakan sebagai sumber energi terbarukan. Bio-CNG yang diproduksi telah menghasilkan 7.159.846 kWh listrik yang digunakan untuk operasional pabrik kelapa sawit, kantor, dan perumahan karyawan.

Perseroan telah berinvestasi dalam pengembangan teknologi konversi bahan bakar untuk kendaraan bermesin solar, yang memungkinkan transisi ke kendaraan bertenaga Bio-CNG yang lebih hemat biaya. Uji coba penggunaan bahan bakar Bio-CNG pada truk pengangkut TBS dari Mitsubishi mengkonfirmasi bahwa bahan bakar Bio-CNG dari truk yang dikonversi sama efisiennya jika dibandingkan dengan truk Bio-CNG pabrikan dan perusahaan berharap dapat menghemat sekitar 8 juta liter solar per tahun sekaligus mengurangi emisi sebesar 23,78 ribu tCO e melalui penerapan teknologi tersebut.

Di unit bisnis produk kayu, Perseroan mengembangkan pembangunan energi terbarukan berupa pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap di pabrik WP Flooring seluas dengan kapasitas terpasang sebesar 2 MegaWatt. Hingga akhir tahun 2023 PLTS ini telah menghasilkan listrik yang digunakan untuk memenuhi operasional kami. Dengan pemasangan PLTS atap ini, Perseroan berpotensi untuk mengurangi emisi yang dihasilkan setara 1.035 tCO2e per tahun.

Roads & Access 

DSN Group menginvestasikan sejumlah besar sumber daya untuk jalan dan akses ke perkebunan dan pabriknya. Jalan dan akses yang lebih baik menghasilkan berbagai tingkat efisiensi, mulai dari peningkatan efisiensi bahan bakar hingga memastikan tandan buah segar berkualitas dan bahan mentah yang pada gilirannya memungkinkan kami menghasilkan CPO premium berkualitas tinggi. DSN Group juga membantu menyediakan infrastruktur publik, antara lain jalan, jembatan, area publik, dan tempat ibadah. Untuk keperluan pengangkutan TBS, PK, CPO, dan PKO serta logistik, DSN Group membangun akses jalan dengan memperhatikan prinsip keselamatan, baik bagi karyawan maupun masyarakat.

Sebisa mungkin, DSN Group telah memisahkan jalan akses produksi dari jalan yang digunakan oleh karyawan dan masyarakat untuk membangun dengan aman dan meningkatkan efisiensi. Peta dan rambu jalan telah dibuat dan disosialisasikan. Beberapa titik persimpangan jalan produksi dan jalan yang digunakan oleh karyawan / masyarakat diberi rambu-rambu dan pengamanan khusus, seperti misalnya polisi tidur untuk memperlambat laju kendaraan.

People

Karyawan adalah aset utama dan pemangku kepentingan penting bagi kami. Oleh karena itu, DSN Group secara aktif mempraktikkan keberagaman di tempat kerja dan tidak mentolerir diskriminasi berdasarkan agama, disabilitas, jenis kelamin, orientasi seksual, persuasi politik, ras, status perkawinan, etnis atau usia dalam perekrutan, pemecatan atau promosi. Aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L) karyawan kami adalah prioritas utama dalam DSN Group.

Kami secara konsisten mendorong karyawan kami untuk berkomitmen pada budaya K3L dan melakukan evaluasi, inovasi, dan peningkatan yang berkelanjutan. Untuk mendukung pemahaman dan membangun budaya K3, Perseroan melibatkan seluruh karyawan dalam penerapan SMK3 melalui beberapa kegiatan, sehingga para karyawan dapat langsung berpartisipasi, berkonsultasi, dan berkomunikasi dengan manajemen. Komunikasi ini juga menjadi forum bagi karyawan untuk melakukan pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan K3.

Kegiatan PelatihanJumlah Peserta
Pelatihan Pemadaman Kebakaran (PMK), Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L)6
Pelatihan Pemadaman Kebakaran (PMK), Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L), dan Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (TKTD)218
Basic Mentality Asisten137
Cara Perawatan Anak dan P3K17
Pelatihan Listrik Dasar39
Pelatihan Operator Genset Afdeling dan Penanganan Limbah B316
Pengendalian Limbah Pabrik19
Perawatan Emplasment dan Tatalaksana Rumah Tangga6
Surat Izin Operator (SIO) Genset5
Pelatihan Sertifikasi P3K1
Sosialisasi Safety Riding40
Training Penanganan Limbah B37
Training Duga Bahaya95
Training Ahli K3 Umum1
Training Safety79
Training Damkar24

Replanting

Perusahaan berkomitmen untuk secara konsisten memperbarui sumber dayanya secara tepat waktu dan efektif dengan melakukan penanaman kembali sesuai dengan praktik terbaik dengan menggunakan bibit kelapa sawit terbaik yang disesuaikan dengan kondisi lahan dan iklim setempat. Penanaman kembali dilakukan sesuai dengan praktik manajemen terbaik yang berarti tidak ada pembakaran dan penahanan bahan organik sebanyak mungkin melalui pemusnahan serta mulsa batang dan cabang kelapa sawit di lokasi.