See all Pages Sustainability

Sustainability

Pemantauan, Tinjauan, Verifikasi (MRV) & Pelaporan

Manajemen Kepatuhan

Prosedur manajemen kepatuhan NDPE DSN Group akan secara sistematis menilai pabrik kelapa sawit dan basis pasokannya melalui tiga tahap: 

  • Ketertelusuran, melalui sistem penelusuran yang transparan untuk memastikan TBS yang bersumber dari pihak ketiga ke pabrik kami sesuai dengan NDPE DSN Group. Sumber diklasifikasikan sebagai berikut:
    • Sumber yang Diketahui: Sumbernya tercatat dan diketahui,
    • Sumber Terkendali: Sumber tersebut berpartisipasi dalam Peta Jalan Pemasok,
    • Sumber yang Patuh: Sumber TBS yang dikirim ke pabrik DSN GROUP terbukti mematuhi Kebijakan NDPE DSN Group.
  • MRV Pemasok, dimana kami akan menilai semua pabrik dan pemasok kami untuk memastikan kepatuhan terhadap kebijakan NDPE DSN Group. Pemasok dinilai berdasarkan kebijakan NDPE dan komitmen terhadap legalitas, keberlanjutan, dan perilaku etis.
  • MRV lanskap akan memantau deforestasi dengan menggunakan penginderaan jarak jauh, terutama di area Area Konservasi Terpadu (ICA). Prosesnya meliputi:
  1. Membuat data dasar dari daerah tangkapan air pemasok.
  2. Membuat batas-batas lanskap pasokan DSN Group untuk memasukkan semua pemasok pihak ketiga yang ada (dan yang potensial) dan ICA di dalam lanskap pasokan berdasarkan tutupan hutan.
  3. Pemantauan aktif terhadap deforestasi dan degradasi lahan gambut dengan menggunakan teknologi, pemetaan satelit, dan data yang hampir seketika (near real time) melalui mitra dan penyedia yang tepercaya.
  4. Pelaporan perubahan penggunaan lahan di tingkat ICA setiap tiga bulan.

Langkah-Langkah untuk Mencapai Kepatuhan

DSN Grup berkomitmen untuk memantau dan melaporkan proses kepatuhan sebagai bagian dari prosedur pemantauan rutin kami. Pasokan ke pabrik kami dari perkebunan yang telah melakukan deforestasi atau penanaman di lahan gambut setelah penetapan perjanjian NDPE (31 Maret 2020) akan dikecualikan dari memasok DSN Grup di masa depan. Untuk memastikan transformasi yang berkelanjutan, DSN Grup juga akan berusaha untuk menciptakan kesadaran akan sistem pemantauan berbasis masyarakat untuk mengkonsolidasikan komitmennya.

Menyeimbangkan Faktor Risiko dan Inklusi

Peta Jalan Pemasok DSN Grup dirancang untuk membantu pemasok memenuhi kebijakan NDPE DSN Group dan menghindari risiko pengecualian yang tidak adil. Kepatuhan pabrik dan pemasok kami akan dinilai berdasarkan kriteria kebijakan NDPE. Proses pemantauan dan peninjauan terhadap semua pemasok dan pabrik kami, tidak terbatas pada kuesioner penilaian mandiri, tetapi juga dilengkapi dengan teknologi, seperti pemantauan satelit jarak jauh, serta keluhan yang disampaikan oleh pemangku kepentingan kami. Jika keluhan diajukan untuk IPC, DSN Grup akan melibatkan pemasok melalui audit kepatuhan pemasok pihak ketiga kami untuk memastikan evaluasi yang independen dan adil

 Prosedur Keluhan telah dibuat untuk DSN Grup untuk menangani keluhan dari pihak manapun, baik dari masyarakat, pemerintah, maupun lembaga swadaya masyarakat. Keluhan yang disampaikan oleh para pemangku kepentingan dapat mengarah pada audit yang tidak terjadwal terhadap pemasok pihak ketiga. Mekanisme ini membantu DSN Grup dalam memantau kepatuhan terhadap Kebijakan NDPE di seluruh operasi, pabrik, dan rantai pasokan kami.

Untuk menyeimbangkan faktor risiko dan inklusi, proses Tindakan Perbaikan kami akan didasarkan pada temuan yang dijelaskan dalam prosedur audit. Setiap Tindakan Perbaikan untuk memperbaiki ketidakpatuhan akan mencakup definisi yang jelas tentang masalah dan solusi yang diperlukan dengan peta jalan dan jadwal. Jadwal tersebut akan bervariasi tergantung pada kompleksitas dan kesulitan tugas. Departemen Lanskap dan Rantai Pasokan DSN Grup akan memantau dan melaporkan jadwal kepatuhan secara berkala.

Kami akan memanfaatkan pengalaman tim CSR kami yang telah memiliki rekam jejak yang berhasil mengimplementasikan program mata pencaharian alternatif (terkait dengan ketahanan pangan & mata pencaharian alternatif) di sekitar operasi kami untuk memastikan inklusivitas dan menciptakan kesadaran yang diperlukan tentang berbagai masalah sosial terkait eksploitasi.

Komitmen terhadap Transparansi & Akuntabilitas

DSN Grup berkomitmen untuk membangun budaya Transparansi dan Akuntabilitas, oleh karena itu kami bertujuan untuk mempublikasikan kemajuan kami dengan komitmen keberlanjutan utama kami secara teratur. Bagian penting dari Komitmen Keberlanjutan adalah kemajuan implementasi kebijakan NDPE kami. Kami akan mempublikasikan kemajuan kami secara teratur, yang akan mencakup, antara lain, KPI khusus untuk pabrik kelapa sawit dan pemasok kami, seperti jumlah ketidakpatuhan yang terdeteksi setiap tahun, serta persentase volume yang memenuhi persyaratan kepatuhan, melalui situs web dan Laporan Keberlanjutan Tahunan.

Kami menghargai umpan balik dari semua pemangku kepentingan kami, terutama dari petani kecil dan pihak-pihak yang paling rentan dalam rantai pasokan kami, terutama dalam hal isu-isu sosial dan eksploitasi. Umpan balik dari mereka adalah apa yang kami gunakan untuk meningkatkan dan membuat perubahan yang diperlukan dalam cara kami melakukan sesuatu. Dilengkapi dengan tim CSR kami di lapangan yang secara konstan berinteraksi dengan para pemangku kepentingan kami, DSN Grup memiliki prosedur penanganan keluhan yang ketat untuk dapat menanggapi secepat mungkin semua umpan balik yang kami terima.