See all Pages Sustainability

Sustainability

Petani Swadaya

DSN Group juga memberikan asistensi teknis bagi petani swadaya di sekitar wilayah operasinya melalui koperasi petani swadaya. Bantuan teknis tersebut terutama ditujukan kepada 5 koperasi petani swadaya di Kalimantan Timur. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengurus koperasi dalam mendukung praktik pertanian yang baik yang diterapkan oleh anggotanya atau petani.

Selain pendirian koperasi dan dukungan pengelolaan dan pengembangan perkebunan bagi skema petani plasma, DSN Group memberikan asistensi teknis serupa secara berkala atau dukungan kepada koperasi petani swadaya, sebagai berikut :

  • Mengamankan pasar TBS petani swadaya

DSN Group mengelola beberapa pabrik, pabrik serupa yang melayani petani skema, mengundang pasokan TBS petani swadaya melalui koperasi petani swadaya. Di semua wilayah operasi DSN Group di Kalimantan, harga satuan TBS petani swadaya mengikuti harga satuan pasar lokal. Umumnya, harga satuan lebih tinggi dari yang ditetapkan secara resmi oleh Dinas Perkebunan Provinsi (Disbun – Dinas Perkebunan).

  • Mengamankan kepemilikan tanah dan izin usaha resmi

DSN Group mengorganisir pekebun swadaya, melalui koperasi pekebun swadaya, mempersiapkan sertifikasi hak atas tanah yang diberikan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang dimulai pada Juni 2019. DSN Group memfasilitasi koperasi untuk pendaftaran usaha resmi atas nomor usaha tunggal (NIB – Nomor Induk Berusaha).

  • Peningkatan manajemen koperasi

DSN Group memfasilitasi peningkatan praktik transparansi dan akuntabilitas koperasi dengan mendorong pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT – Rapat Tahunan) dan kunjungan benchmarking. DSN Group juga memberikan pelatihan dan konsultasi manajemen keuangan, fasilitasi kepatuhan asuransi sosial pekerja dan kesehatan yang terkait dengan badan kesehatan dan jaminan sosial (BPJS – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) dan pelaporan pajak tahunan mengacu pada peraturan pengusaha kena pajak (PKP – Pengusaha Kena Pajak).

  • Pengembangan database dan dokumentasi ketertelusuran

Bekerja sama dengan berbagai pemasok termasuk koperasi pekebun swadaya, DSN Group telah mengembangkan database pekebun swadaya atau petani secara bersamaan dengan dokumentasi keterlacakannya sejak tahun 2019. Mencakup ke wilayah operasi di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat.

  • Memberikan konsultasi agronomi

DSN Group selalu melakukan upaya rutin untuk memberikan konsultasi mengenai aspek agronomi seperti pengendalian hama, perawatan pohon kelapa sawit, dan penggunaan pupuk. Pada tahun 2023, kami secara progresif mendukung petani lokal dengan memberikan pelatihan tentang praktik pertanian yang baik dan berkelanjutan kepada 8.454 Petani Plasma & Petani Swadaya (100%) di Wilayah Kalimantan Timur setelah diverifikasi secara eksternal (Penilaian Ramboll) pada bulan Mei-Agustus 2024.

Beberapa koperasi petani swadaya yang menerima manfaat DSN Group adalah Karya Prima Wehea Sejahtera (KPWS), Usaha Tani Lestari Jaya (UTLJ), Semoga Sawit Wahau Jaya (SSWJ), Hijau Daun, dan Putra Wahau di Kalimantan Timur. Seluruh anggota koperasi telah menunjukkan semangat kerja sama dan keterlibatan yang tinggi dalam program DSN Group sejak 2018.

Sebagai informasi, DSNG telah menerima total Volume pasokan TBS pemasok eskternal ke pabrik kelapa sawit (PKS) DSN Group pada tahun 2023 sebesar 628.019,38 ton TBS atau sekitar 23,75% dari total TBS yang diproses. Secara rinci asal TBS Kemitraan ini yaitu 45.400,18 dari IPC, 196.017,45 dari Koperasi, dan 386.601,76 dari Agen TBS.