See all Pages Sustainability

Sustainability

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Perseroan telah menjalankan pengembangan ekonomi yang berkelanjutan di wilayah operasi. Seiring dengan kemitraan sosio ekonomi bersama pemangku kepentingan, utamanya masyarakat di sekitar wilayah operasi.

Perseroan, secara berkelanjutan, memfasilitasi pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan beragam kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan operasi, di antaranya dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi, pelayanan transportasi dalam kegiatan perkebunan dan pabrik serta pengembangan lembaga keuangan berbasis masyarakat.

Sampai dengan tahun 2017 Perseroan telah menjalankan lebih dari 20 bentuk kemitraan yang melibatkan lebih dari 200 pelaku usaha (wirausahawan) lokal dengan beragam intentitasnya, baik itu koperasi, perorangan, lembaga desa dan lainnya.

Kemitraan ini di antaranya mencakup kegiatan transportasi buah kelapa sawit, minyak sawit, minyak kernel, jangkos, pupuk dan lain-lain serta pekerjaan-pekerjaan konstruksi di antaranya perumahan karyawan dan pemeliharaan jalan yang menghubungkan desa dan perkebunan.

Di samping itu, Perseroan telah pula menyediakan skema pinjaman lunak terbatas bagi wirausahawan lokal serta fasilitasi studi banding, pelatihan dan pendampingan. Perseroan telah membangun kemitraan kebun bersama sekitar 30 koperasi masyarakat di sekitar wilayah perkebunan.

Perseroan memastikan bahwa hasil produksi kebun kemitraan dapat menjadi bagian dari rantai pasok produksi minyak sawit yang lestari.

Perseroan terus berkomitmen menumbuhkembangkan kemitraan-kemitraan kebun bersama masyarakat dan mendukung mereka melalui konsultasi dan bimbingan teknis secara terbuka dan bertanggungjawab dengan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten, diantaranya dinas koperasi dan lembaga penyedia jasa konsultasi pajak dan keuangan.

Perseroan telah memfasiltasi pendirian dan pengembangan lembaga keuangan berbasis masyarakat berupa credit union (CU), yaitu CU Mitra Mandiri dan Blom Bea Ling di Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur dan CU Satu Hati di Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan serta CU Pandulangan Bersatu di Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau.

Diharapkan keberadaaan credit union ini mampu meningkatkan kapasitas literasi keuangan serta jasa keuangan dan sosial masyarakat dalam pengelolaan potensi dan pendayagunaan peluang yang ada.

Sampai dengan September 2017, total aset CU Mitra Mandiri mencapai kurang lebih 28,7 milyar rupiah, dengan jumlah anggota mencapai 2.032 orang. Sedangkan total aset CU Blom Bea Ling mencapai kurang lebih 15 milyar rupiah, dengan jumlah anggota mencapai 1.033 orang.

Secara konsisten Perseroan terus mendukung keberlangsungan penguatan budidaya pertanian, perikanan dan usaha ekonomi rumah tangga, di antaranya melalui pemberian pelatihan, studi banding, penyediaan bibit, dan pendampingan teknis serta pembelian hasil budidaya untuk pemenuhan kebutuhan karyawan. Kegiatan ini mampu menambah sumber pendapatan dari kegiatan di luar yang berhubungan dengan perkebunan maupun pabrik kelapa sawit sebagai bagian dari upaya meningkatkan pendapatan masyarakat.