DSNG dan Sumitomo Forestry Lakukan Commissioning Pabrik Wood Pellet Pertama di Boyolali

Boyolali, 20 September 2024 – PT Biomassa Lestari Nusantara (BLN), perusahaan patungan PT Dharma Energi Investama, anak usaha PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) dan PT Sumitomo Forestry Indonesia, anak usaka Sumitomo Forestry Co. Ltd, melaksanakan commissioning (uji coba operasional) pabrik wood pellet pertama di Boyolali, Jawa Tengah yang direncanakan akan segera beroperasi secara komersial dalam waktu dekat.

Terletak di Desa Ngadirojo, Kecamatan Gladagsari, pabrik berdiri di atas lahan seluas 4 hektar dan memiliki kapasitas produksi sebesar 60 ribu ton per tahun. Pabrik wood pellet ini menjadi yang pertama beroperasi di Boyolali dan sekitarnya, serta diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung kebutuhan energi yang berkelanjutan, maupun penggerak roda perekonomian masyarakat setempat karena 100% bahan baku berasal dari masyarakat lokal Boyolali dan sekitarnya.

Dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan seperti Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan warga masyarakat Ngadirojo, acara diawali dengan pengguntingan pita dan dilanjutkan pemotongan makanan tradisional Indonesia – tumpeng yang bermakna kesuburan, keberkahan, dan keharmonisan.dan warga masyarakat, acara diawali dengan pengguntingan pita dan dilanjutkan pemotongan makanan tradisional Indonesia – tumpeng yang bermakna kesuburan, keberkahan, dan keharmonisan.

“Ini merupakan salah satu komitmen DSNG untuk menjalankan konsep circular economy dengan meminimalisir limbah kayu yang diubah menjadi produk yang memiliki nilai tambah. Selain itu, langkah penting ini juga menjadi upaya bersama untuk berkontribusi pada pengembangan energi terbarukan di Indonesia,” kata Andrianto Oetomo, Direktur Utama, PT Dharma Satya Nusantara Tbk.

Toshiro Mitsuyoshi, President Director Sumitomo Forestry Co. Ltd menambahkan bahwa dengan mengoptimalkan potensi kayu, Sumitomo Forestry memiliki tujuan untuk melakukan dekarbonisasi melalui WOOD CYCLE, yaitu sebuah sirkulasi rantai nilai kayu di sektor kehutanan, manufaktur kayu, dan konstruksi bangunan. Proyek ini mendukung pemanfaatan kayu secara berkelanjutan dan bertahap, sekaligus menyediakan solusi energi yang ramah lingkungan.

Pabrik wood pellet ini dirancang untuk memanfaatkan limbah kayu dengan kapasitas pengolahan hingga 10 ton per jam, yang berpotensi untuk memasok bahan baku energi terbarukan setara dengan 14MWe. Sumber limbah kayu berasal dari masyarakat lokal dan industri, termasuk limbah vinir dari pabrik plywood di Jawa Tengah dan sekitarnya. Rencananya, wood pellet yang dihasilkan oleh PT BLN akan diekspor ke pasar Jepang.

Dalam tahap commissioning ini, berbagai uji coba telah dilakukan untuk memastikan bahwa pabrik beroperasi sesuai dengan standar keselamatan dan efisiensi yang tinggi. Pihak manajemen optimistis bahwa setelah commissioning, pabrik ini dapat segera beroperasi secara komersial dan memberikan kontribusi nyata dalam penyediaan energi bersih bagi Indonesia dan dunia.

==Selesai==

 

TENTANG PT DHARMA SATYA NUSANTARA Tbk

 PT Dharma Satya Nusantara Tbk didirikan pada 29 September 1980 yang bergerak di bidang industri kelapa sawit dan produk kayu. Saat ini, Perseroan memiliki perkebunan kelapa sawit dengan lahan tertanam 112,2 ribu hektar dan 12 pabrik kelapa sawit dengan total kapasitas 675 ton per jam, yang mengolah Tandan Buah Segar (TBS) menjadi CPO.  Sedangkan di segmen usaha produk kayu, Perseroan memiliki 2 pabrik pengolahan kayu di Jawa Tengah, dengan kapasitas produksi sebesar 150.000 m2 engineered flooring dan 12.000 m3 panel. Sementara segmen energi terbarukan terbentuk pada tahun 2023 yang diawali dengan penjualan cangkang kelapa sawit sebagai biomasa pembangkit tenaga listrik di Jepang.

 

TENTANG SUMITOMO FORESTRY CO. LTD

Sumitomo Forestry Co., Ltd., memiliki kantor pusat di Keidanren Kaikan, Chiyoda-ku, Tokyo, Jepang. Per 31 Desember 2023, perusahaan ini memiliki modal saham sebesar ¥55.088 juta dan mempekerjakan 24.815 orang secara konsolidasi. Sumitomo Forestry terlibat dalam berbagai kegiatan bisnis, termasuk Bisnis Lingkungan & Sumber Daya, Bisnis Kayu & Bahan Bangunan, Bisnis Konstruksi dan Real Estat Global, Bisnis Perumahan, serta Bisnis Layanan Gaya Hidup.

 

 

KETERANGAN LEBIH LANJUT

 

PT Dharma Satya Nusantara Tbk                      

 

Paulina Suryanti

Corporate Secretary

GRHA DSN,

Jl. Pulo Ayang Kav OR.3, Kawasan Industri Pulogadung, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur 13930

Email: corporate.communications@dsngroup.co.id

www.dsn.co.id

Sumitomo Forestry Co. Ltd

 

Corporate Communications Department

Keidanren Kaikan, 3-2, Otemachi 1-chome, Chiyoda-ku, Tokyo 100-8270, Japan

 

(Kontak:) https://inquire.sfc.jp/sfc/m/contact/english/

 

(Website:) https://sfc.jp/english/