Kisah Dokter Hasni: Melayani Pasien dengan Empati

dr. Hasni Hayati adalah nama panggilannya. Perempuan yang lahir di Medan, 10 Oktober 1992 dan lulus dari Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara pada 2016, kini mengabdikan dirinya sebagai dokter umum di klinik PT Bima Palma Nugara, Kalimantan Timur.  

Sejak kecil, Hasni telah memiliki cita-cita sebagai dokter. Impian itu terdorong oleh hatinya yang ingin menolong orang lain yang membutuhkan, mengingat keluarganya tidak ada yang memiliki latar belakang di bidang Kesehatan. Namun setelah menggeluti pekerjaan sebagai dokter selama 7 tahun, hal tersebut telah banyak memberikan pengalaman hidup yang sangat berarti baginya.

Menjadi dokter memang tidaklah mudah, apalagi menghadapi masyarakat yang memiliki latar belakang beragam, termasuk bagaimana pasien dalam menerima informasi dan edukasi terkait dunia Kesehatan. Tak jarang, keluarga menolak pengobatan yang dibutuhkan pasien karena pemahaman mereka yang tidak cukup. Untuk itulah, peran dokter sangat dibutuhkan tidak hanya untuk mengobati pasien, tetapi juga mengedukasi mereka dengan informasi yang tepat.

Menjadi dokter juga bukan hanya sekedar pekerjaan, tetapi memiliki tanggung jawab moral yang besar. Kita perlu memiliki empati yang tinggi bagi mereka yang sedang sakit, dan berusaha sebaik mungkin akan kondisi mereka membaik.

Memang tidak mudah menjadi seorang dokter apalagi perempuan. Mereka perlu mengelola emosional dengan baik agar pasien di klinik dan juga keluarga di rumah  mendapatkan perhatian yang cukup.

Melalui artikel blog ini, dr. Hasni ingin menyampaikan bahwa perempuan memiliki pernanan yang sangat strategis dalam kehidupan. Baginya praktisi Kesehatan, perempuan memiliki keunggulan dalam melaksanakan tugasnya yang lebih luwes dan adaptif terhadap pasien yang beragam.

dr. Hasni juga berpesan agar semakin banyak perempuan-perempuan Indonesia yang memberikan perannya bagi bangsa ini melalui bidang yang digelutinya masing-masing. Jangan takut untuk berkarya, dan kejarlah mimpi tanpa melupakan kodrat sebagai Perempuan.

==Selesai==