See all Pages Sustainability

Sustainability

Rasio Gaji Berdasarkan Gender

DSN Group berkomitmen untuk melindungi hak-hak perempuan dengan memastikan lingkungan kerja yang aman dan kondusif. Perusahaan memahami bahwa lingkungan kerja yang aman, nyaman, sehat, tidak diskriminatif, dan menghargai keberagaman merupakan aset penting dalam meningkatkan produktivitas Perusahaan.

Untuk mendukung komitmen ini, DSN Group menerapkan Kebijakan Perlindungan Perempuan (No. 044/DSN/CHC/III/2021), yang mencakup pemberian dukungan dan fasilitas bagi karyawan perempuan dan keluarganya, serta mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi hak-hak perempuan di wilayah operasional Perusahaan. Untuk mendukung pelaksanaan kebijakan ini, Perseroan telah membentuk organisasi Komite Perempuan dan mengadakan pelatihan yang melibatkan 62 anggota komite perempuan, yang merupakan perwakilan dari seluruh anak perusahaan DSNG di perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Sebagai bagian dari komitmen terhadap Kebijakan Perlindungan Perempuan, DSN Group telah menerapkan berbagai inisiatif untuk memastikan kesejahteraan dan keselamatan perempuan dalam angkatan kerja kami. Kami telah mengambil langkah signifikan dalam hal ini dengan menyediakan ruang laktasi khusus dan toilet lapangan yang terpisah, baik dalam bentuk portabel maupun permanen.

Secara khusus, Perseroan telah membangun toilet permanen di 14 wilayah di Muara Wahau, yang melayani karyawan pemeliharaan dan pemanen kelapa sawit. Unit-unit toilet ini dirancang dengan cermat dengan bagian yang terpisah untuk perempuan dan laki-laki untuk memastikan privasi dan kenyamanan bagi semua orang.  Dengan memperkenalkan langkah-langkah ini, kami bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan inklusif yang menghormati kebutuhan dan hak-hak perempuan di lingkungan Perusahaan.  

Menurut data dari Organisasi Buruh Internasional (ILO) per 18 September 2022 (https://news.un.org/en/story/2022/09/1126901) , masih ada masalah yang terus berlanjut di mana perempuan secara global hanya mendapatkan rata-rata 77 sen untuk setiap dolar yang diperoleh oleh rekan-rekan laki-laki mereka, yang mengakibatkan kesenjangan upah sebesar 20%.

Perseroan sangat mendukung praktik kesetaraan gender di tempat kerja, yang dicontohkan melalui komitmen Perusahaan untuk mencapai rasio gaji gender yang seimbang. Di DSNG, kami memastikan bahwa kesempatan yang sama diberikan kepada karyawan perempuan dan laki-laki berdasarkan kemampuan masing-masing. Kami secara cermat menilai dan memantau kinerja individu untuk memastikan perlakuan yang adil, memberantas segala bentuk bias atau diskriminasi.

Menjawab tantangan ini, DSNG berusaha untuk mempersempit kesenjangan upah antara pekerja laki-laki dan perempuan setiap tahun. Perusahaan secara aktif mendorong peningkatan partisipasi pekerja perempuan dalam angkatan kerja dan bertujuan untuk menempatkan lebih banyak perempuan dalam posisi kepemimpinan. Selain itu, Perseroan memberikan kesempatan yang luas bagi perempuan untuk mengakses program pelatihan dan pengembangan, yang memungkinkan mereka untuk meningkatkan pertumbuhan dan keahlian profesional mereka. Dengan mengambil langkah-langkah ini, Perusahaan berkomitmen untuk membina lingkungan kerja yang lebih adil dan inklusif.  

Berikut adalah tabel rasio upah di DSNG berdasarkan status kepegawaian antara perempuan terhadap laki-laki: